Sebuah kapal mewah yang terdampar di Belfast selama empat bulan akhirnya berlayar setelah terdampar di Danau Belfast selama tiga hari.

Namun perubahan lain dalam perjalanan keliling dunia yang penuh konflik ini, yang pada awalnya dikira oleh para penumpang adalah jalan memutar ke Skotlandia, ternyata mencerminkan sebuah kisah yang dilanda oleh kekacauan komunikasi.

Salah satu penumpang, Angie Harsanyi, mengatakan sekitar pukul 16.30 pada hari Kamis: “Kami baru saja mengangkat jangkar dan membunyikan klakson sekitar 20 menit yang lalu. Kami sedang dalam perjalanan ke Skotlandia.”

Intrik lebih lanjut, situs Lalu Lintas Laut kemudian menunjukkan kapal tersebut menuju ke selatan. Perusahaan juga mengatakan minggu ini bahwa mereka akan mengeluarkan komentar “dalam waktu dekat.”

Pada pukul 8 malam, situs Lalu Lintas Laut menunjukkan kapal tersebut telah melewati Pulau Man dan tampaknya mengikuti rute aslinya menuju Brest di Prancis.

Villa Vie Odyssey berlantai delapan terletak dengan tenang berlabuh sepanjang hari, sekitar satu mil dari kota tepi laut Bangor, tepat di sebelah timur Belfast, dilewati oleh kapal kargo dan kapal Stena Ferry dalam perjalanan ke Inggris.

Beberapa dari 125 penumpang menghabiskan empat bulan di Belfast setelah kapal memerlukan perbaikan. Kapal tersebut akhirnya diperbolehkan naik pada hari Senin, namun hanya melaut selama satu jam dan tetap berlabuh hingga saat ini. Perhentian pertama pada rencana perjalanan awal adalah Brest, Prancis, dan perusahaan menyalahkan “birokrasi” atas penundaan yang terus berlanjut sejak Senin.

Sebuah klip video pendek yang diposting di media sosial oleh salah satu penumpang sekitar jam 4 sore menyampaikan kegembiraan yang terlihat jelas karena akhirnya memulai perjalanan. “Setelah tiga hari di pelabuhan, saya sangat senang untuk mengatakan bahwa saya akhirnya mendapat izin untuk meninggalkan Belfast.” kata Victor. di saluran TikTok Dr V World Travel barunya.

Dia menambahkan saat sorakan terdengar di latar belakang. “Sudah waktunya berangkat. Kita akan berangkat 20 menit lagi menuju Skotlandia.”

Awalnya, kapal tersebut dijadwalkan berlayar ke Prancis, lalu Portugal dan lebih jauh ke selatan, tiba di Karibia pada bulan April.

Mr Harsanyi mengatakan dia awalnya mengira dia akan menuju ke utara ke Great Hunterston, dekat Glasgow, Skotlandia, untuk mencari bahan bakar dan persediaan lainnya untuk mencari bahan bakar dan persediaan lainnya, dan tidak turun.

Suasananya tinggi pada hari Kamis. Dia berkata tentang Mike Petterson, CEO Villa Vie Residences: “Kami semua berada di dek observasi dan Mike serta Kathy (chief operating officer) datang dan mengambilkan sampanye dan makanan untuk semua orang, lalu kami berangkat bersama-sama.” Semua orang sangat senang. ”

Harsanyi mungkin lebih bahagia daripada kebanyakan orang karena dia bertunangan dengan sesama penumpang Jean Perroni saat dia terdampar di Belfast.

Kapal pesiar tersebut kini sedang dalam perjalanan, artinya akhirnya mendapat sertifikasi untuk meninggalkan Danau Belfast dan berlayar di laut lepas.

Kapal tersebut menjadi daya tarik lokal di Belfast setelah mendapat banyak perhatian media atas penundaannya. Saat para pensiunan berspekulasi tentang penyebab penundaan tersebut, para pejalan kaki anjing mengambil foto selfie di dermaga dengan latar belakang kapal.

“Saya rasa saya tidak akan sebahagia itu jika saya menabung uang untuk perjalanan sekali seumur hidup dan akhirnya terjebak di Belfast selama empat bulan,” katanya.

Selama beberapa hari, pemilik kapal mengatakan penundaan itu semata-mata karena “birokrasi”, yang memicu rasa frustrasi di antara beberapa penumpang.

Kit Cassingham, dari Colorado, mengatakan kepada Belfast Telegraph pada hari Kamis bahwa ada “perasaan campur aduk” di dalam Odyssey ketika para penumpang menunggu berita. Dia mengatakan beberapa orang “sangat kesal” dan yang lain “ngobrol berlebihan”.

Penundaan baru-baru ini merupakan “kejutan yang nyata. Saya telah mendengar semuanya mulai dari ‘Persetan, saya akan kembali’ hingga ‘Ayo kita minum lagi.’

“Orang-orang menjadi frustrasi ketika[manajemen]tidak punya jawaban. Yang bisa mereka katakan hanyalah ‘Saya tidak punya jawaban.’ Suasana menjadi berantakan, gelap, dan membuat orang frustrasi. Ini adalah tahun yang penuh pasang surut bagi saya, dengan beberapa perhentian dan permulaan yang tiba-tiba. Jadi bagi saya, itu lebih dari hal yang sama,” tambahnya.

Kapal berusia 31 tahun itu mengibarkan bendera Bahama, yang bertanggung jawab untuk memastikan kepatuhan terhadap semua peraturan. Otoritas Maritim Bahama mengonfirmasi bahwa mereka sedang mengatasi masalah ini, namun tidak dapat menjelaskan apa penyebabnya.

DNV, sebuah perusahaan swasta berpengalaman yang telah mewakili perusahaan dalam masalah sertifikasi, mengatakan pihaknya tidak dapat berkomentar. “Sayangnya, kami tidak memberikan informasi tentang pelanggan individu atau kapal,” kata juru bicara tersebut.

Villa Vie Odyssey awalnya dijadwalkan berangkat pada tanggal 30 Mei dalam perjalanan tiga setengah tahun “selamanya”. Kami menawarkan penyewaan kamar mulai dari 35 hingga 120 hari, dengan ‘villa’ tersedia untuk dibeli mulai dari £90.000 hingga £260.000. Bila Anda memiliki vila di kapal, kamar Anda dijamin minimal 15 tahun, namun kepemilikan berlangsung selama keseluruhan pengoperasian kapal.