SAYA Saya mendapatkan ikan mas pertama saya di sebuah pameran. Saya masih sangat muda sehingga saya tidak dapat mengingat apa yang harus kami lakukan untuk menang atau apa sebutannya, tetapi saya menghabiskan waktu berjam-jam melihatnya berenang di sekitar akuarium plastik kecil di dalam ruangan. Sejak itu, saya ketagihan ikan.

Ketika saya berusia delapan tahun, ayah saya mengajak saya memancing di kanal dekat tempat tinggal kami di Banbury, Oxfordshire. Saya sangat gembira ketika saya menangkap sesuatu. Saya menjadi bersemangat dan berlari berputar-putar dan mengambil gambar dengan kamera Polaroid saya.

Saya mulai memancing di danau dan pada tahun 1994, pada usia 14 tahun, saya menangkap ikan mas seberat 17 kg. Saya menyukai adrenalin saat membawa ikan besar dan telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk meneliti beban, joran, dan umpan terbaik.

Saat ini saya bekerja sebagai tukang plester di Brackley, Northamptonshire dan menganggap memancing sebagai cara yang bagus untuk beristirahat dari pekerjaan saya yang menuntut fisik. Saya mencoba pergi memancing ke luar negeri bersama teman-teman beberapa kali dalam setahun. Ikan mas umumnya jauh lebih besar di benua ini.

Musim semi ini, saya memesan perjalanan ke tempat memancing di wilayah Champagne di Perancis. Kami memiliki daftar ikan untuk setiap danau sehingga Anda dapat membuat “daftar keinginan”. Anda tidak dapat mengontrol apa yang Anda tangkap, tetapi saya mengejar wortel. Dengan berat lebih dari 61 pon (27 kg), dia adalah ikan monster dan jarang ditangkap. Meski sebenarnya ikan mas, tampilannya yang berwarna jingga cerah membuatnya mendapat julukan “ikan mas terbesar di dunia”.

Saya tidak menangkap apa pun selama seminggu. Saya kecewa, tetapi saya sangat bersenang-senang sehingga saya memutuskan untuk pergi lagi pada bulan Juli. Kali ini kami menginap selama seminggu dengan rombongan 8 orang. Kami memasukkan uang ke dalam dua pot. Yang satu mewakili hasil tangkapan terbesar dan yang lainnya mewakili yang menangkap ikan paling banyak. Padahal kita sepakat kalau ada yang menangkap wortel, pasti ambilnya banyak.

Lee Parker memancing di danaunya di Brackley, Northamptonshire. Foto: Fabio de Paola/Penjaga

Pada malam kedua, saya tidur di tenda saya sekitar tengah malam. Tepat setelah jam 2 pagi, saya terbangun karena alarm berbunyi, memberi tahu saya bahwa saya sudah makan. Sensornya diaktifkan dengan gerakan reel, sehingga semakin kuat dan cepat tarikan ikan, maka semakin cepat pula alarm berbunyi. Inilah yang kami sebut dengan “screamer” dan berbunyi bip sangat cepat, hampir seperti sirene yang terus menerus.

Adrenalin terpacu dan saya kesulitan memakai sepatu saat berlari menuju garis. Ikan itu tidak terlalu besar, tapi saya kesulitan menariknya karena ikannya semakin panjang. Butuh waktu sekitar 15 menit. Temanku Marco masuk ke dalam air dan menyiapkan jalanya. Saya berhenti dan melihatnya melompat-lompat. dia berteriak.

Kepalaku terasa pusing dan ada banyak tekanan untuk tidak melepaskannya. Jika ditarik terlalu cepat, ikan bisa kabur. Tangan saya gemetar saat saya menimbangnya – 61 pon, 4 ons. Itu hanya beberapa pon dari tangkapan terbesar saya (ikan mas seberat 65 pon beberapa tahun yang lalu), tapi itu adalah ikan mas yang paling membuat saya puas.

Saya kemudian memeriksa apakah ada luka dan memberinya perawatan antiseptik untuk mencegah infeksi. dia sehat. Saya menurunkannya ke dalam air dan menunggu dia berenang menjauh. Ada aturan “tidak boleh berlama-lama” dalam memancing.

Saya menangkap wortel dan memenangkan hadiah perjalanan sebesar £160. Saya makan ikan dan keripik dalam perjalanan pulang dan menggunakan sebagiannya sebagai hadiah untuk diri saya sendiri.

Lewati promosi buletin sebelumnya

Ketika saya memposting hasil tangkapan saya di Facebook, puluhan orang mengirimi saya pesan ucapan selamat. Seorang teman saya dari majalah memancing meminta saya untuk menampilkan foto saya, dan saya menjawab ya. Pemancing mana yang tidak menginginkan hasil tangkapan seperti ini?

Ceritanya diangkat oleh tabloid dan saya menerima pesan demi pesan dari teman-teman. Ketika saya pergi untuk memplester rumah pelanggan baru-baru ini, dia bertanya, “Bukankah aku melihatmu di berita dengan ikan jeruk besar?”

Saya berharap untuk kembali suatu hari nanti dan menangkapnya, tetapi beberapa minggu setelah perjalanan saya, saya mendengar berita sedih bahwa Carrot telah meninggal karena sebab alamiah. Saya cukup kesal dan kasihan pada pemilik telaga.

Saya bangga menjadi salah satu dari sedikit orang yang mendapat kehormatan bertemu dengannya. Dia memiliki beberapa anak di danau. Saya berharap mereka mengikuti jejaknya dan menjadi sama terkenalnya.

Seperti yang diceritakan oleh Heather Main

Apakah Anda memiliki pengalaman untuk dibagikan? Kirim email ke experience@theguardian.com