SSaat Anda berenang di danau yang sejuk dan jernih, Anda dapat melihat pegunungan berhutan lebat di belakang Anda, dan puncak berbatu pucat menjulang di sebelah kanan Anda. Kereta gantung meliuk-liuk di sisinya, dan langit berubah menjadi abu-abu, menandakan badai Alpen. Para pendayung berdiri berambut pirang dengan celana pendek Hawaii cerah lewat, dan payung merah ceria berkumpul di pantai seberang yang kami tuju.

Ini sepertinya tidak banyak. Aku bisa melihat siluet pegunungan yang menyelimuti kami, para pendayung, tapi tidak melihat rambut pirang keriting mereka. Tanpa kereta gantung itu akan menjadi misteri bagi saya. Namun saat saya berenang bersama rekan seperjalanan saya, Sophia, dia menggambarkan pemandangan di sekitar kami dengan sangat rinci sehingga mengisi kekosongan bagi saya sebagai orang buta dan memberikan gambaran yang kaya.

Caroline Butterwick dari gunung tertinggi di Jerman, Zugspitze

saya bepergian dengan mata perjalananmerupakan perusahaan travel yang menyelenggarakan liburan bagi penyandang tunanetra (VI) dan berbadan sehat. Personel VI dicocokkan setiap hari dengan pemandu yang dapat melihat dan membantu pemandu fisik dengan deskripsi pemandangan. Hari ini adalah hari bebas dalam perjalanan selama seminggu ke Austria, dan beberapa dari kami menuju ke Wildsee, sebuah danau dekat kota Seefeld. Saya sudah ingin berenang di sini sejak pertama kali saya berjalan mengelilingi danau bersama rombongan di hari pertama. Dinginnya air terasa nikmat saat Anda berenang melintasi lebarnya sambil mengobrol dengan teman baru sepanjang waktu.

TravelEyes didirikan pada tahun 2004 oleh pengusaha tunanetra dan presenter televisi Amal Latif, “seorang pria buta yang ingin menunjukkan dunia kepada saya.” Perjalanan mereka termasuk liburan Inggris ke daerah-daerah seperti Lake District, safari di Afrika dan liburan kota di Eropa.

Karena saya tunanetra, saya ingin mencoba bepergian dengan Travel Eyes. Saya menikmati perjalanan jauh, namun saya mengandalkan orang lain untuk membantu saya menjelajahi kota-kota baru dan memahami lingkungan sekitar saya. Sebagai seorang solo traveler, mengikuti perjalanan grup standar tidak pernah menjadi pilihan. Aku khawatir aku akan tertinggal, membawa tongkat putih akan menandakan aku bukan milikku.

Dek observasi di Zugspitze pada ketinggian 2.962 meter. Foto: Alamy

Memang benar, saya gugup pergi ke luar negeri bersama orang asing. Apakah Anda ingin menjadi teman? Bisakah Anda bertahan hidup di negara baru dan tidak ada seorang pun yang mengenalnya? Liz, manajer tur minggu ini, menyambut saya dengan hangat. Dalam waktu satu jam setelah tiba di bandara, saya sedang minum-minum dan mengobrol dengan dua pemandu dan seorang pelancong tunanetra lainnya sambil menunggu gerbang. Saat saya meminum cappuccino saya, saya merasa diri saya rileks.

Kelompok kami yang terdiri dari 10 VI dan 11 pemandu yang dapat melihat, bersama dengan Liz dan pemandu lokal kami Dorothea, tinggal di wilayah Tyrol di Austria, dengan pegunungan dan padang rumputnya, dan melakukan beberapa perjalanan singkat melintasi perbatasan ke Jerman. Dari naik kereta gantung ke puncak tertinggi di Jerman, Zugspitze, hingga berjalan di jalan setapak baja di atas perairan biru kehijauan di bawahnya, Anda akan mendapatkan rencana perjalanan yang lengkap, semuanya sudah direncanakan. Lembah Roh Leutash.

Meskipun beberapa perjalanan TravelEyes melibatkan beberapa hotel, kami menginap selama seminggu di Hotel Krystal yang elegan, juga di Leutasch. Saat ada waktu luang, beberapa dari kami berkumpul di infinity pool hotel dan berenang santai di air hangat dengan pemandangan lembah. Kami menikmati sarapan dan makan malam dengan santai di meja yang disiapkan di restoran hotel, menikmati percakapan yang hidup sambil menikmati pangsit bayam dan keju lokal yang kaya.

Selama seminggu, saya berbicara dengan setiap orang tentang apa yang membawa mereka ke sini. Salah satu rekan pelancong VI saya, yang telah melakukan beberapa perjalanan dan berencana memesan lebih banyak, mengatakan kepada saya, “Saya tidak akan bisa menjelajahi dunia tanpa perjalanan ini.”

Ada keuntungan yang jelas untuk dapat melakukan perjalanan dengan cara ini bahkan jika Anda buta atau memiliki gangguan penglihatan. Tapi bagaimana dengan pemandu yang bisa melihat? Beberapa orang menganggap ini sebagai cara yang aman saat bepergian bersama rombongan, terutama saat bepergian sendirian. “Saya ingin membantu orang dan melakukan perjalanan,” kata pemandu veteran itu sambil makan sandwich di sebuah kafe di Seefeld. Pemandu yang dapat melihat memiliki harga perjalanan yang lebih rendah untuk memperhitungkan pemanduan harian yang mereka lakukan, namun ditekankan bahwa mereka adalah pemandu, bukan pengasuh, dan ini juga merupakan hari libur bagi mereka. Banyak pemandu dan VI di sini yang telah melakukan banyak perjalanan. “Ini seperti keluarga,” kata Glynn, pemandu lama lainnya. Saya menyadari bahwa perpaduan antara wajah-wajah lama dan baru adalah hal biasa dalam perjalanan saya.

Atap Emas Innsbruck. Foto: CJ Farr/Getty Images

Kami dicocokkan dengan panduan baru setiap hari. Ini berarti Anda mengenal semua orang di grup. Saat saya berkeliling Innsbruck, saya sering bertanya kepada Jackson, pemandu saya hari itu, untuk menjelaskan lingkungan sekitar saya. Pemandu lokal kami, Dorothea, memimpin rombongan kami melewati kota tua menuju Atap Emas yang terkenal, yang selesai dibangun pada tahun 1500. Jalan-jalan menuju ke sana dipenuhi dengan gedung-gedung dan ramai, dan di suatu tempat di atasnya Anda dapat mendengar suara alat musik tiup. . Jika Anda menyipitkan mata, Anda dapat melihat warna atapnya, tetapi Jackson memenuhi pemandangan itu. Delapan musisi berpakaian abad pertengahan di balkon, ribuan ubin perunggu berkilau yang memantulkan sinar matahari di atap di atasnya, ukiran hiasan dan lukisan dinding berwarna-warni. Ini membantu saya memahami apa yang dapat saya lihat dan dengar.

Lewati promosi buletin sebelumnya

Ada juga sisi praktis untuk bergandengan tangan melewati kerumunan. Dia secara alami merangkai informasi ke dalam percakapannya. “Ada satu langkah lagi di sini,” katanya, “kita mendekati sebuah persimpangan.” Berada di tempat yang ramai dan asing memang terasa melelahkan, namun meski saya punya tongkat putih, tetap tenang jika dibimbing.

Ini adalah perjalanan aktif. Dibutuhkan energi untuk bertahan dalam kelompok selama seminggu. Terutama jika Anda bepergian sendirian, Anda memerlukan tingkat kemandirian dan kemauan untuk berpartisipasi. Ada kalanya saya membutuhkan waktu untuk diri sendiri, duduk di balkon dan minum kopi kapan pun waktu memungkinkan. Harga liburan itu mahal, jadi wajar saja jika sebagian orang ragu. Namun dengan segala sesuatunya yang disertakan dan perhatian terhadap detail, Anda dapat membenarkan harganya.

Saya mendapati diri saya berpikir lebih dalam tentang bagaimana saya mengalami dunia saat bepergian. Saya juga memperhatikan detail sensorik lainnya. Aroma pinus saat kami berjalan melewati hutan, jarum pinus lembut yang memantul di balik kaus kami, aroma manis dan manis dari bunga merah muda yang berjatuhan dari keranjang hampir ke mana pun kami pergi. Suatu pagi, saat saya menaiki kereta lokomotif uap roda gigi menuju Achensee, kereta berhenti di stasiun desa dan suara paduan suara yang sedang berlatih di gereja terdekat bergema di seluruh lembah. Paduan suara yang tak terlupakan terdengar, dan kereta menjadi sunyi.

Perjalanan ini memberi saya rasa petualangan. Ada sesuatu tentang menjadi diri sendiri. Saya tidak perlu berusaha menyembunyikan gangguan penglihatan saya. Masuk akal jika ada seseorang yang menjelaskan pemandangan dari lift yang mengangkat kita ke atas bukit, atau membacakan menu dengan lantang di kafe.

Bukan hanya tempat yang kita kunjungi, tapi juga hubungan kita semua. Ini bisa berupa percakapan panjang saat Anda keluar, atau bangun dan tertawa serta mengobrol di bar hotel. Saya meninggalkan Austria dengan rasa memiliki yang baru dan keinginan untuk menjelajahi dunia lebih jauh, setelah mengalami sesuatu yang sebelumnya sulit.

penyedia perjalanan mata perjalanan. Harga mulai dari £745 Untuk tunanetra dan £545 Sebagai panduan untuk perjalanan ke Bannau Brycheiniog (Brecon Beacons) pada akhir Oktober