“Peluang” — adalah bagaimana pensiunan instruktur pendakian gunung Inder Dev Sharma menggambarkan penemuan sisa-sisa seorang tentara di Gletser Dhaka di Lahaul pada tahun 2003.

Penemuan Sharma merupakan yang pertama kalinya dalam 35 tahun terakhir Angkatan Udara India (IAF) runtuh. Pada tanggal 7 Februari 1968, pesawat angkut di daerah tersebut melancarkan pencarian selama 20 tahun untuk mencari sisa-sisa 98 orang di dalamnya. Bertahun-tahun setelahnya, beberapa jenazah lainnya telah ditemukan.

Angkatan Udara Personil Dogra Scouts dan Tiranga Mountain Rescue menemukan empat mayat lagi dari lokasi jatuhnya pesawat AN-12 Angkatan Udara India (IAF) tahun 1968 di Manali selama operasi pencarian. (foto ANI)

Pada bulan Juli 2003, Sharma, yang saat itu berusia 45 tahun, memimpin kursus pendakian gunung lanjutan selama 28 hari yang ditawarkan oleh Institut Pendakian Gunung dan Olahraga Sekutu Atal Bihari Vajpayee yang berbasis di Manali.Setelah mendaki dua puncak Chandrabhaga pada ketinggian sekitar 20.000 kaki, tim – sekitar 45 peserta pelatihan dan staf – mendirikan kemah di kawasan Gletser Dhaka.

Angkatan Udara Personil Dogra Scouts menemukan empat mayat lagi dari lokasi jatuhnya pesawat AN-12 Angkatan Udara India (IAF) tahun 1968 di Manali. (foto ANI)

Sharma berkata bahwa ini adalah hari istirahat mereka dan malam itu dia memutuskan untuk berjalan-jalan sendirian. Saat itulah dia menemukan sisa-sisa tubuh, yang ternyata adalah Sepoy Beli Ram.

“Saya menemukan beberapa tulang berserakan di salju dan bertanya-tanya dari mana asalnya. Saya kembali ke kamp dan memberi tahu staf dapur tentang hal itu. Staf memberi tahu saya tentang sungai Gangga dan bagaimana orang-orang mengapungkan sisa-sisa orang mati di sungai. , “kata pria yang kini berusia 66 tahun dan tinggal di dekat Manali. Sharma berkata masih hidup.

Penawaran meriah
Angkatan Udara Jenazah Sepoy Malkhan Singh, yang kehilangan nyawanya dalam kecelakaan pesawat AN-12 Angkatan Udara India tahun 1968, ditemukan dan dibawa ke desa asalnya di Saharanpur. (foto ANI)

Keesokan harinya, Sharma dan 10-15 anggota tim berjalan mengelilingi gletser. “Ada mantel di badannya. Di dalam saku di dalam, kami menemukan dokumen dan sejumlah uang,” katanya.

Butuh empat-lima hari bagi tim untuk kembali ke Manali. “Kamp kami berada di daerah terpencil. Pada tahun 2003, kami tidak memiliki sarana komunikasi dari sana. Saya tidak ingat apakah kami berkomunikasi dengan institut sebelum kami kembali. Maka satelit di dekat Rohtang Pass akan menjadi alat komunikasi terdekat,” kata Sharma, yang menyerahkan dokumen yang diambil tersebut kepada direktur lembaga tersebut ketika mereka kembali ke Manali.

Angkatan Udara

Kolonel HS Chauhan, direktur lembaga tersebut, mengatakan bahwa buku gaji tim ditemukan di dalam mantel tersebut. “Di situ tertulis namanya, pangkatnya, dan fakta bahwa dia anggota Korps Perintis.”

Setelah memberi tahu Angkatan Darat dan Angkatan Udara tentang penemuan Sharma, Kolonel Chauhan sendiri berangkat ke tempat kejadian. “Saya harus melihatnya sendiri. Jadi saya berangkat ke gletser bersama tim. Kami mengambil foto. Badannya masih utuh, memakai mantel besar…disebut ‘mantel brendi’…mantel tebal untuk melindungi dari hawa dingin,” katanya. Kata.

Kolonel Chauhan mengatakan puing-puing dan potongan pesawat berserakan sejauh 1 km di dekat jenazah. “Potongannya sangat kecil sehingga orang yang melihatnya sebelumnya tidak memperhatikannya,” katanya.

Tim Angkatan Darat dan IAF dikirim untuk memindahkan jenazah. “Bagi kami, itu (penemuan) adalah suatu kebetulan. Namun bagi mereka yang kehilangan anggota keluarga, hal ini bahkan lebih penting. Sampai saat itu (Juli 2003) pesawat tersebut dianggap hilang,” kata Kolonel Chauhan, pensiunan Angkatan Darat dan sekarang tinggal di distrik Shimla.

Angkatan Udara Personel Angkatan Darat memberikan penghormatan kepada jenazah awak pesawat AN-12 Angkatan Udara India (IAF) yang jatuh di Celah Rohtang pada tahun 1968 dan ditemukan dalam ekspedisi baru-baru ini sebelum membawa mereka ke desa asal mereka. (foto PTI)

Dia ingat mendapat telepon setelah jenazahnya ditemukan.

“Seorang pria muda menelepon saya. Dia bilang ayahnya adalah navigator di pesawat itu. Mereka mengatakan bahwa dia diperkirakan berada di Pakistan karena sisa-sisa pesawat tersebut belum ditemukan hingga saat ini. Saya berharap ayahnya ada di Pakistan, tapi menurut laporan yang kami terima, pesawatnya jatuh di daerah itu,” ujarnya.

Angkatan Udara

Sharma, yang pensiun pada tahun 2017, mengatakan dia belum kembali ke Gletser Dhaka sejak tahun 2003, namun perjalanan pada bulan Juli ini adalah kunjungan keduanya ke daerah tersebut.

“Saya berada di daerah tersebut pada tahun 1987 bersama sekelompok orang untuk mengikuti kursus pendakian gunung tingkat lanjut yang serupa. Saat itu, saya menemukan empat-lima topi tentara dengan lencana dari resimen berbeda. Ketika saya kembali, saya memberikannya kepada direktur institut,” katanya.

Selama puluhan tahun Sharma mengajar pendakian gunung, ski, dan trekking di dataran tinggi, dia tidak pernah menemukan sisa-sisa manusia lagi.

“Saya membantu menyelamatkan orang-orang yang terjebak di celah-celah. Pada tahun 1980, seorang pelajar yang mendaki puncak di lembah Lahaul terjebak di celah-celah di sana. Kami pergi bersama Angkatan Darat tetapi tidak dapat menyelamatkannya. Baru pada tahun 2003 saya menemukan sisa-sisanya,” dia dikatakan.